Espanyol Vs Barcelona: Menang 4-2, Blaugrana Kunci Gelar LaLiga

Barcelona – Barcelona berhasil mengalahkan Espanyol dengan skor 4-2 dalam pertandingan pekan ke-34 Liga Spanyol. Kemenangan ini memastikan Blaugrana mengunci gelar juara LaLiga musim ini.

Bertanding di RCDE Stadium, Barcelona, pada Senin (15/5/2023) dini hari WIB, Barcelona memiliki kebutuhan untuk meraih kemenangan demi mengamankan gelar juara. Misi tersebut berhasil terlaksana.

Melawan Espanyol, Barcelona berhasil unggul sejak menit ke-11 melalui gol yang dicetak oleh Robert Lewandowski. Gol kedua kemudian diperoleh oleh Alejandro Balde pada menit ke-20.

Lewandowski kemudian menambah golnya pada menit ke-40. Babak pertama ditutup dengan Barcelona memimpin tiga gol atas Espanyol.

Pada babak kedua, Barcelona berhasil mencetak satu gol tambahan melalui Jules Kounde. Sementara itu, Espanyol berhasil memperkecil ketertinggalan melalui gol-gol yang dicetak oleh Javier Puado dan Joselu.

Tambahan tiga poin ini membuat Barcelona mengumpulkan total 85 poin dari 34 pertandingan, unggul 14 poin di puncak klasemen Liga Spanyol dibandingkan Real Madrid. Dengan menyisakan empat pertandingan, Real Madrid tidak akan mampu mengejar ketertinggalan tersebut. Sementara itu, Espanyol masih terdampar di zona degradasi, menduduki peringkat 19 dengan 31 poin.

Jalannya Pertandingan Barcelona langsung menekan sejak awal pertandingan dan berhasil mencetak gol pada menit ke-11. Lewandowski membuka skor setelah menerima umpan tarik dari Alejandro Balde. Lewandowski berhasil menembus pertahanan Espanyol dan mengubah umpan tarik rekan setimnya menjadi gol di depan gawang. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Barcelona semakin bersemangat setelah unggul satu gol. Tekanan terus dilakukan dan gol kedua tercipta melalui kaki Alejandro Balde. Memanfaatkan umpan dari Pedri di sisi kanan, Balde berhasil mengarahkan bola ke dalam gawang Espanyol dari sudut sempit. Kedudukan berubah menjadi 2-0.

Meskipun sudah unggul dua gol, Barcelona tetap memberikan tekanan yang berkelanjutan. Lewandowski beberapa kali mengancam lini belakang Espanyol.

Espanyol hanya sesekali bisa memberikan tekanan balik kepada Barcelona. Pada menit ke-30, Nicolas Melamed mencoba menyundul bola hasil umpan dari Sergi Darder, namun bola tersebut melebar ke sisi gawang Barcelona.

Gol! Barcelona berhasil mencetak gol ketiga pada menit ke-40. Lewandowski kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan dari Raphinha. Skor 3-0 mengakhiri babak pertama.

Pada babak kedua, Barcelona melanjutkan tekanannya. Mereka berhasil mencetak gol cepat.

Pada menit ke-53, Barcelona mencetak gol keempatnya. Jules Kounde berhasil menjebol gawang Espanyol dengan sundulan setelah menerima crossing terukur dari Frenkie de Jong. Skor menjadi 4-0.

 

Keunggulan yang cukup jauh membuat Barcelona lebih rileks dalam bermain. Beberapa pergantian pemain dilakukan, sehingga Espanyol mendapat kesempatan untuk menekan.

Pada menit ke-73, Espanyol akhirnya berhasil mencetak gol. Javier Puado, yang masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua, berhasil menjebol gawang Barcelona setelah menerima umpan dari Fernando Calero. Gol tersebut sempat diperiksa oleh VAR karena kemungkinan adanya offside, namun akhirnya gol tersebut tetap diberikan. Skor menjadi 1-4, Espanyol masih tertinggal.

Di sisa waktu pertandingan, Barcelona mengurangi tempo permainan mereka, sehingga Espanyol mendapatkan kesempatan untuk menyerang. Tuan rumah akhirnya berhasil mencetak gol kedua mereka pada masa injury time melalui Joselu. Skor akhir pertandingan menjadi 4-2, dengan Barcelona keluar sebagai pemenang. Kemenangan ini mengunci gelar juara bagi Barcelona.

Susunan Pemain Espanyol: Fernando Pacheco, Oscar Gil, Cesar Montes, Sergi Gomez (Javi Puado 46′), Leandro Cabrera, Brian Olivan (Luca Koleosho 84′), Nicolas Melamed Rubaudo (Edu Exposito 87′), Sergi Darder, Denis Suarez (Fernando Calero 46′), Martin Braithwaite (Adria Pedrosa 56′), Joselu Barcelona: Marc-Andre Ter Stegen, Alejandro Balde, Andreas Christensen (Marcos Alonso 74′), Ronald Araujo (Jordi Alba 62′), Jules Kounde, Pedri (Franck Kessie 89′), Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Gavi (Ansu Fati74′), Raphinha (Ousmane Dembele 52′), Robert Lewandowski

 

Tinggalkan komentar